APA KABAR ALUMNI ??

Kategori : Alumni

2020-12-10

Dosen Fakultas Hukum Ibu Dr. Hj. Erlina, SH, MH, merupakan salah satu alumni Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat. Beliau menempuh jenjang pendidikan S1 Tahun 1996 s.d. 2001. Alhamdulillah, beliau beruntung dapat langsung mengabdikan diri pada almamaternya yaitu sejak Tahun 2001 sampai sekarang dengan menjadi salah satu Tenaga Pendidik (dosen) di Fakultas Hukum ULM. Di tengah kesibukan beliau sebagai tenaga pendidik, keinginan mengembangkan potensi diri terus ada dalam diri beliau yang kemudian diimplementasikan dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 yaitu Program Magister Ilmu Hukun (PMIH) ULM pada Tahun 2005-2007 dan Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) UII pada Tahun 2011-2016.

Menjadi dosen merupakan profesi yang sangat membanggakan buat ibu Erlina dan keluarga karena sebagai seorang pendidik mendapatkan kesempatan untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan berdiskusi dengan mahasiswa, menggali kreativitas dan daya nalar sekaligus memotivasi mereka, memiliki kesempatan untuk terus mengembangkan diri di berbagai seminar/workshop dan pelatihan serta melaksanakan kegiatan pengkajian dan pengabdian kepada masyarakat. Terlebih ketika diberikan tugas tambahan sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat pada Oktober 2018 lalu, ibu Erlina yang sejak mahasiswa sampai saat ini gemar berorganisasi dan bergaul dengan mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk membina kegiatan kemahasiswaan dan membangun relasi yang lebih baik dengan para alumni.

Organisasi merupakan sekolah kedua bagi beliau. Banyak pelajaran, pengalaman dan relasi yang didapat dari sana yang membentuk pribadi beliau hingga sekarang, baik itu organisasi di bidang kesenian, jurnalistik, lingkungan hidup, anti korupsi, hukum dan advokasi. Di dalam organisasi beliau belajar tentang mengelola kegiatan, merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi untuk perbaikan di masa yang akan datang, belajar untuk berkomunikasi, berargumentasi dan bernegosiasi serta menghargai pendapat orang lain.  Tentu dengan tetap fokus pada studi, sehingga kepada mahasiswanyapun ibu Erlina seringkali berpesan agar merencanakan dengan baik perkuliahan dan juga dapat mengelola waktu dengan baik, mengenali potensi diri dan mengembangkannya tanpa kehilangan rasa solidaritas, daya nalar, sikap kritis dan adab kesopanan.

Terakhir, pesan dari ibu Erlina untuk para mahasiswa Fakultas Hukum terutama yang sebentar lagi akan lulus adalah jangan sampai terlambat dalam mencari kerja. Ada baiknya untuk mempersiapkan dokumen kerja dan mulai mengajukan surat lamaran kerja ke perusahaan-perusahaan, instansi-instansi dan lembaga lainnya sejak pengerjaan TA. Sering-sering juga untuk datang ke acara jobfair. Banyak terbuka peluang kerja untuk seorang alumni Fakultas Hukum. Karena lulusan Fakultas Hukum tidak melulu menjadi pengacara atau aparat penegak hukum (jaksa atau hakim). Tetapi juga bisa menjadi konsultan, notaris atau legal officer. Tidak perlu merasa minder apabila di lowongan kerja hanya bertuliskan lulusan Psikologi untuk staf HRD karena sebuah perusahaan juga membutuhkan orang hukum untuk mengatur regulasi dan relasi dari perusahaan kepada karyawan. Adanya orang hukum di HRD juga bisa memberi ketegasan kepada mereka tentang apa hak dan kewajiban yang harus ditaati, rekrutmen sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang sudah ada.

Dan jadi dosen Hukum juga merupakan salah satu pekerjaan penting seorang lulusan hukum. Ibu Erlina sudah membuktikannya. Mengajar ilmu Hukum kepada generasi baru cukup penting dan memiliki prospek yang baik. Untuk bisa menjadi dosen, tentu kamu harus lulus S2 terlebih dahulu lalu mengikuti seleksi dosen sesuai peraturan yang berlaku.

Salam dan terima kasih.


Admin : 087814640323 (Elita Susiana S.Sos - Kasubbag Alumni ULM)